• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

BAPELITBANG KABUPATEN SIKKA GELAR RAPAT KOORDINASI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI

Selasa, 22 November 2022 Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) menggelar Rapat Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Aula Kantor Bapelitbang Kabupaten Sikka.  Rapat tersebut diikuti oleh stake holder terkait dari unsur pemerintah maupun non pemerintah.  Dari unsur pemerintah hadir Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka selaku Ketua Tim Koordinasi Pengelolaan Lingkungan Daerah Aliran Sungai di Kabupaten Sikka Tahun 2022, para camat dari 7 kecamatan yang wilayahnya masuk dalam cakupan wilayah daerah aliran sungai, yaitu Camat Paga, Camat Tanawawo, Camat Mego, Camat Magepanda, Camat Nita, Camat Talibura, dan Camat Waibalama, serta pejabat dari instansi terkait, yaitu Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas – Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Kabupaten Sikka.  Dari unsur non pemerintah tampak hadir Ketua Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) dan Ketua Yayasan Sandi Florata.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Bapelitabang Kabupaten Sikka, Margaretha Movaldes Da Maga Bapa mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Pengelolaan DAS ini merupakan sebuah kegiatan strategis karena bertepatan dengan agenda penyusunan dokumen perencanaan jangka menengah 2024 – 2026 yang akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD). Selain itu konsolidasi dan sinkronisasi lintas sektor dan pemangku kepentingan dalam pengelolaan sumber daya hutan, tanah dan air pada daerah aliran sungai yang menjadi tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi ini merupakan momentum strategis untuk merumuskan rekomendasi rencana tindak lanjut yang harus dilakukan dalam upaya kita untuk menjaga dan melestarikan ekosistem daerah aliran sungai.  Sejauh ini Kabupaten Sikka telah memiliki 2 dokumen Rencana Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (RPDAS), yaitu RPDAS Ria Wajo dan RPDAS Dagesime sedangkan DAS Nangagete yang juga merupakan salah satu DAS Prioritas dari 3 DAS Prioritas di Kabupaten Sikka belum memiliki RPDAS.

Dalam rapat koordinasi tersebut turut hadir Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Benain Noelmina, Bambang Hendro Joewono, yang berkesempatan memberikan materi tentang “Kebijakan dan Program Pengelolaan DAS”, bersama Kepala Bapelitbang Kabupaten Sikka yang menyampaikan materi “Kebijakan Pengelolaan DAS di Kabupaten Sikka” dan Kepala UPTD – KPH Wilayah Kabupaten Sikka menyampaikan materi “Peran Pembangunan Kehutanan Bagi Pelestarian Ekosisten DAS”.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Pengelolaan DAS Benain Noelmina menginformasikan program ABG (Ambil Bibit Gratis) yang dapat dimanfaatkan oleh stake holder terkait untuk gerakan penghijauan atau penanaman pada kawasan yang diperlukan. Yang terpenting bagi kami, dalam permohonan untuk memanfaatkan program ABG ada kejelasan menyangkut lokasi dan jumlah bibit yang dibutuhkan, dan perlu juga saya sampaikan bahwa ada rencana untuk membangun kebun pembibitan di Kabupaten Sikka tandas Kepala Balai yang disambut tepukan tangan dari peserta rapat koordinasi.

Setelah melalui tahapan diskusi, peserta rapat koordinasi menyepakati 7 point yang menjadi Rekomendasi Rapat Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, yaitu (1) Memfasilitasi Penyusunan Dokumen RPDAS Nangagete dan Pengesahan Dokumen RPDAS Dagesime dan RPDAS Riawajo, (2) Memfasilitasi Penyusunan Perda Pengelolaan DAS, (3) Memfasilitasi pembentukan Peraturan Desa tentang Penyelamatan Ekosistem DAS, (4) Menyebarluaskan/melakukan Sosialisasi RPDAS kepada Instansi/Lembaga guna konsolidasi pelaksanaan program prioritas pengelolaan DAS ke dalam Rencana Pembangunan Sektoral, (5) Revitalisasi Forum DAS Kabupaten Sikka, (6) Meningkatkan konsolidasi guna kerja sama antar instansi pemerintah maupun non pemerintah untuk pelaksanaan program prioritas (Pembagian Peran), (7) Melakukan evaluasi secara periodik untuk mengetahui  Kondisi lingkungan DAS  dan Interfensi program/kegiatan pada setiap instansi / lembaga yang berdampak / berkaitan dengan peningkatan daya dukung DAS (mengacu pada RPDAS).

Sebelum menutup Acara Rapat Koordinasi tersebut Kepala Bapelitbang Kabupaten Sikka yang biasa disapa Ibu Femmy Bapa berkesempatan memberikan cinderamata berupa selendang tenun ikat Sikka dan Coklat Sikka kepada Kepala Balai DAS dan Kepala UPT – KPH Kab. Sikka sebagai nara sumber tamu pada rapat koordinasi tersebut.

#JD

  • 23 November 2022
  • bidangpsda
  • Bapelitbang