• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

BAPELITBANG SELENGGARAKAN SOSIALISASI IRMENDAGRI 52/2022

Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka menyelenggarakan Sosialisasi Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2022 tentang Penyusunan Dokumen Rencana Daerah bagi Daerah dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir pada Tahun 2023 dan Daerah Otonom Baru.

 

Kegiatan yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sikka Robertus Ray, S.Sos., diikuti oleh seluruh Pimpinan Perangkat Daerah beserta para pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Perencana Lingkup Pemerintah Kabupaten Sikka. Selain Sosialisasi Irmendagri No. 52 Tahun 2022, para Pimpinan PD mengikuti zoom meeting Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah tentang Peningkatan Kualitas Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Data bersama Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

 

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka, Margaretha Movaldes Da Maga Bapa, S.T., M.Eng., dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa sehubungan dengan masa jabatan Bupati Sikka dan Wakil Bupati Sikka yang akan berakhir pada tanggal 23 September 2023 mendatang, maka sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 52 Tahun 2022, Kepala Daerah yang masa jabatannya berakhir Tahun 2023 untuk menyusun Dokumen Perencanaan Pembangunan Menengah Daerah Tahun 2024-2026 yang selanjutnya disebut sebagai Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2024-2026 serta memerintahkan seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk menyusun Renstra Perangkat Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2024-2026 “Tahun 2023 sebanyak 117 daerah yang masa jabatan Kepala Daerahnya berakhir, termasuk Kabupaten Sikka. Untuk itu diterbitkan Irmendagri No. 52 Tahun 2022 sebagai pedoman penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan bagi Penjabat Kepala Daerah pada masa transisi sampai dengan terpilihnya Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah yang baru. Dalam menyusun Dokumen RPD Kabupaten Sikka, kita wajib memperhatikan keselarasan indikator makro ekonomi dan prioritas nasional dalam RPJMN Tahun 2020-2024, kesesuaian sasaran pokok dan arah kebijakan RPJPD Kabupaten Sikka Tahun 2005-2025, hasil evaluasi capaian indikator kinerja perangkat daerah pada RPJMD Kabupaten Sikka Tahun 2018-2023, Rancangan Akhir RPD Provinsi NTT 2024-2026, isu-isu strategis yang berkembang baik nasional maupun lokal, kebijakan-kebijakan nasional dan regulasi-regulasi yang berlaku”.

 

Sementara itu Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sikka Robertus Ray, S.Sos. dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam proses penyusunan Dokumen RPD wajib memperhatikan kapasitas fiskal daerah “dalam menyusun isu-isu strategis pelayanan Perangkat Daerah juga wajib memperhatikan kemampuan keuangan daerah, tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi riil daerah”.

 

Setelah Sosialisasi Irmendagri dan zoom meeting, kegiatan dilanjutkan dengan Desk Pendalaman Isu Strategis guna Penyusunan Rancangan Dokumen RPD Kabupaten Sikka Tahun 2024-2026 bersama Perangkat Daerah. Menurut Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bapelitbang Kab. Sikka Yohanes Rusdianto Maswari, S.T., M.T. bahwa desk bersama perangkat daerah dilakukan untuk menggali isu-isu strategis dari perangkat daerah “saat desk perangkat daerah menyampaikan secara umum gambaran pelayanan Perangkat Daerah, isu strategis berdasarkan evaluasi Renstra 2018-2023 serta pencapaian tujuan dan sasaran Perangkat Daerah. Setelah itu Bidang Koordinasi pada Bapelitbang bersama Perangkat Daerah akan merumuskan bersama strategi dan arah kebijakan berdasarkan hasil analisis terhadap gambaran pelayanan, isu strategis serta pencapaian tujuan dan sasaran untuk Tahun 2024-2026 yang akan dituangkan dalam Dokumen RPD Kabupaten Sikka Tahun 2024-2026”.


Desk bersama perangkat daerah bertempat di Aula Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka, Jalan Mawar No. 24 Maumere dilaksanakan dari tanggal 12, 13 dan 16 Januari 2023 dan dihadiri oleh Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat Administrator dan Pengawas serta Fungsional Tertentu. Desk kesempatan pertama adalah Badan Pendapatan Daerah dan dipimpin oleh Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kab. Sikka dan Kepala Bapelitbang Kab. Sikka serta dimoderatori oleh Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bapelitbang Kab. Sikka Yeremias Dewa, S.Pt., M.P. selaku Bidang Koordinasi pada Bapelitbang Kab. Sikka. (ET)

  • 12 Januari 2023
  • bidangppepd
  • Bapelitbang