• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

BAPELITBANG SIKKA SELENGGARAKAN KONSULTASI PUBLIK RPD 2024-2026

Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Sikka, sehubungan dengan penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Sikka Tahun 2024-2026 menyelenggarakan Konsultasi Publik. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bapelitbang Kab. Sikka, Jalan Mawar No. 24, Maumere dibuka oleh Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos., M.Si. dan dihadiri oleh Forkompimda Kab. Sikka, Sekretaris Daerah Kab. Sikka Adrianus Firminus Parera, S.E., M.Si., anggota DPRD Kabupaten Sikka, para Staf Ahli Bupati Sikka dan Asisten Sekda, para Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Sikka serta stakeholder terkait seperti NGO, LSM, Instansi Vertikal, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, Perwakilan Disabilitas, Perwakilan UMKM, Forum Anak, Komunitas Advokasi Perempuan dan Anak, perwakilan Camat, Lurah dan Kepala Desa serta rekan Pers.

 

Dalam arahannya, Bupati Sikka menekankan pentingnya keberlanjutan target dan sasaran pembangunan sesuai RPJMD Kabupaten Sikka Tahun 2018-2023 serta arahan Presiden RI sesuai Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkompimda Tahun 2023 dalam menyusun RPD Kabupaten Sikka Tahun 2024-2026 “saya tambahkan bahwa dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah kita harus memperhatikan berbagai target capain indikator makro ekonomi, baik pusat maupun di daerah, terutama inflasi. Kita tingkatkan produksi pertanian, perkebunan dan peternakan, kebutuhan air bersih dan layak bagi masyarakat, pengembangan budidaya perikanan serta mendatangkan investor dan terakhir jalin kerjasama dengan TNI-POLRI, instansi vertikal lainnya serta seluruh stakeholder dalam perencanaan pembangunan daerah.

 

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka, Margaretha Movaldes Da Maga Bapa, S.T., M.Eng. dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa konsultasi publik merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam menyusun Dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Sikka Tahun 2024-2026 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2022 “Konsultasi Publik sebagai proses komunikasi dialogis dengan bentuk musyawarah antar pihak yang berkentingan guna mencapai kesepahaman dan kesepakatan bersama dalam proses perencanaan pembangunan daerah sehingga hari ini kami mengundang para stakeholder terkait guna memberikan masukkan, saran, pendapat terkait penyempurnaan rancangan Dokumen RPD Kabupaten Sikka Tahun 2024-2026” pada kesempatan ini pula Kepala Bapelitbang menyampaikan berbagai informasi terkait data-data kondisi makro ekonomi daerah Kabupaten Sikka, Indikator Kinerja Utama Kabupaten Sikka, Realisasi Keuangan Daerah Kabupaten Sikka, proyeksi postur anggaran dan pendapatan belanja daerah Kabupaten Sikka Tahun 2024-2026 serta berbagai isu strategis, permasalahan, tujuan serta sasaran pembangunan Kabupaten Sikka yang akan digunakan pada Dokumen Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Sikka Tahun 2024-2026.

 

Kegiatan diskusi Konsultasi Publik dimoderatori oleh Staf Ahli Bupati Sikka Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Ir. Hendrikus Blasius Sali. Sebanyak 15 orang dari berbagai unsur memberikan masukkan, saran dan pendapat dengan fokus pada 5 Isu Strategis yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Sikka, yaitu 1) Peningkatan Kualitas Daya Saing Sumber Daya Manusia, 2) Peningkatan Pertumbuhan dan Pemerataan  Ekonomi, 3) Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Masalah Sosial, 4) Reformasi Birokrasi dan 5) Pembangunan Infrastruktur yang Berkelanjutan. Hasil diskusi mayoritas lebih menekankan pada penekanan stunting, angka kematian ibu dan anak, peningkatan kualitas SDM, peningkatan sarana/prasarana serta pemasaran hasil-hasil pertanian dan perikanan, pembangunan drainase kota, kekerasan terhadap perempuan dan anak serta akses transportasi dan pasar bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Sikka.

 

Kegiatan Konsultasi Publik diakhiri dengan penandatanganan bersama Berita Acara Kesepakatan Konsultasi Publik oleh Pemkab. Sikka, anggota DPRD Kabupaten Sikka serta perwakilan stakeholder yang hadir.

(ET)

  • 19 Januari 2023
  • bidangppepd
  • Bapelitbang