• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

DORONG PERCEPATAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PAUD HI, BAPELITBANG ADAKAN RAKOR PENINGKATAN KUALITAS PAUD

Senin, 21 November 2022 bertempat di Aula Bapelitbang dilaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan Kualitas PAUD. Rapat ini di buka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan  Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sikka, Ibu Konstantia Tupa Arankoja, S.Sos, turut hadir Ketua Pokja PAUD Kabupaten Sikka, Ny. Mathilda Clementia Woga, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bapak Drs. Hironimus Laja, Kepala Bidang KB, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Ibu Agustina M. Hiladin Carwayu, SKM, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian pada Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Ibu M.R Astaningsih, SE, Pengawas PAUD Ibu Aloysia Avelina Soge, S.Pd. AUD dan Ibu Yovita Rengsina, S.Pd. AUD Bersama tujuh puluh (70) pengelola Satuan PAUD yang sudah terakreditasi A dan B.

Tujuan rapat ini adalah untuk mendorong PAUD terakreditasi yang tersebar di delapan belas kecamatan (18) untuk dikembangkan menjadi PAUD Holistik Integratif. Adapun standar layanan yang wajib dipenuhi oleh Satuan PAUD tersebut adalah standar layanan sarana prasarana, standar layanan pendidikan, standar layanan kesehatan, gizi dan perawatan, standar layanan pengasuhan responsif, standar layanan perlindungan, standar layanan kesejahteraan dan standar layanan kebencanaan.

Rapat ini juga merupakan bagian dari strategi piloting Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, yaitu dengan Peningkatan advokasi, komitmen, koordinasi dan kerjasama antar instansi pemerintah, lembaga penyelenggara layanan, dunia usaha, dan organisasi terkait, dan tindak lanjut dari pelaksanaan strategi pertama yaitu penguatan dan penyelarasan landasan hukum yaitu dengan diterbitkannya Peraturan Bupati Nomor 51 Tahun 2022 Tentang Standarisasi Layanan Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini sebagai petunjuk teknis operasionalisasi implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Dalam arahannya Konstantia Tupa Arankoja, S.Sos, Asisten Perekonomian Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sikka mengajak seluruh stakeholder agar bersama-sama mendukung dan bertanggungjawab untuk percepatan peningkatan kualitas PAUD melalui kegiatan akreditasi dan selanjutnya dikembangkan menjadi PAUD HI. Senada dengan Konstantia, Ketua Pokja PAUD, Ny. Mathilda Clemetia Woga, menghimbau agar Satuan PAUD yang belum terakreditasi segera difasilitasi proses pengakreditasian oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga sehingga seluruh PAUD di Kabupaten Sikka terjamin kualitasnya.

Beberapa rencana kerja tindak lanjut dari rapat ini adalah pertama, penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) standar layanan terintegrasi, kedua penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengembangan Usia Dini Holistik Integratif dan ketiga, Penguatan Struktur Gugus Tugas PAUD HI Kabupaten dan pembentukan Tim Gugus Tugas PAUD HI Tingkat Kecamatan, Desa/kelurahan. Charlos Saka

  • 22 November 2022
  • bidangppm
  • Bapelitbang