• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

Mahasiswa/i Terbaik Unipa Magang di Bapelitbang

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka, Margaretha Movaldes da Maga Bapa, S.T.,M.Eng. Senin 14/9/2022 pagi menerima rombongan mahasiswa/i Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia di ruang kerjanya. Kunjungan tersebut adalah hari pertama dimulainya magang bagi 10 mahasiwa/i terbaik dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Unipa Indonesia.

 

Ketua Program Studi Manajemen Unipa Indonesia Imanuel Wellem, S.E.,M.M. menjelaskan bahwa kegiatan magang tersebut merupakan implementasi kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka bagi mahasiswa untuk belajar di luar Program Studi “Bentuk kegiatan salah satunya adalah Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka dimana para mahasiswa/i mendapatkan pengalaman dengan belajar secara langsung di tempat kerja (experiential learning) serta setelah lulus nanti mereka diharapkan mampu bersaing di dunia kerja. Mahasiswa/i yang magang terdiri atas 3 bidang kompetensi, yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia”

Lebih lanjut Dekan Fakultas Ekonomi Unipa Indonesia, Andreas Rengga, S.E.,M.M. menyampaikan bahwa Bapelitbang Kab. Sikka sebagai instansi yang menjadi pilihan utama mahasiswa/i Jurusan Manajemen Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka Unipa Indonesia “Dalam pengamatan kami, Bapelitbang Kab. Sikka adalah Perangkat Daerah yang cocok dalam aspek dan proses pembelajaran adik-adik mahasiswa/i Unipa Indonesia, adik-adik yang kami bawa ini adalah mereka yang terbaik dengan IPK terendah 3,67 dan tertinggi 3,95 karena kami tahu mereka akan belajar di tempat terbaik”

 

Dalam sambutannya, Kepala Bapelitbang Kab. Sikka Femmy Bapa menyambut baik kehadiran mahasiswa/i Unipa Indonesia di Bapelitbang Kab. Sikka “saya ucapkan terimakasih banyak kepada Ketua Yayasan Nusa Nipa Maumere, Rektor Universitas Nusa Nipa Indonesia, Dekan Fakultas Ekonomi dan Ketua Prodi Manajemen Unipa Indonesia atas kepercayaannya agar adik-adik bisa belajar di Bapelitbang Kab. Sikka, ini tentunya juga tidak terlepas dari MoU bersama antara Pemkab. Sikka dan Unipa Indonesia yang sudah kita lakukan beberapa waktu yang lalu dalam Bidang Penelitian dan Pengembangan. Namun tidak menutup kemungkinan adik-adik akan belajar lebih banyak, mulai dari proses Perencanaan Pembangunan di tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai pada Kabupaten dan Provinsi bahkan nasional, bagaimana proses pendanaan atau penganggarannya, proses pengendalian dan evaluasi serta pelaporannya serta fungsi-fungsi koordinasi lainnya. Ini tentunya sangat sesuai dengan Jurusan kuliah adik-adik dan saya pastikan akan berguna nantinya ketika memasuki dunia kerja. Kami akan mendukung sepenuhnya dengan semua sumber daya yang ada bagi peningkatan kompetensi adik-adik mahasiswa selama berada di Bapelitbang Kab. Sikka”

 

Kegiatan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka diikuti oleh 10 orang mahasiswa/i selama 3 bulan, dari 14 September s.d. 8 Desember 2022. Magang dimulai hari ini dan menurut rencana ke sepuluh mahasiswa/i Unipa Indonesia akan dibawa langsung ke Pulau Palue besok 15/9/2022 sehubungan dengan kegiatan-kegiatan Bidang Koordinasi Bapelitbang Kab. Sikka seperti Monev Infrastruktur (Bidang Infrastruktur Wilayah), Monev PAUD (Bidang PPM), Monev Pertanian dan Perikanan (Bidang PSDA), Identifikasi Inovasi (Bidang Litbang) serta Verval Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan Penerima Bantuan Iuran dan Monev DAK Non Fisik Kesehatan-JKN Kapitasi (Bidang PPEPD) untuk mulai mengenal langsung tugas-tugas Bapelitbang Kab. Sikka di lapangan.

(ET)

  • 14 September 2022
  • bidangppepd
  • Bapelitbang