• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

Meminimalisir Salah Sasaran Pembayaran, Bapelitbang Sikka Lakukan Verval PBI di Kecamatan Palue

      Bapelitbang Kabupaten Sikka selama dua hari melakukan kegiatan di Kecamatan Palue. Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 17 September 2022 dengan 3 agenda kegiatan, yakni Verifikasi Validasi Data Penerima Bantuan Iuran, Monitoring Evaluasi DAK Nonfisik-JKN Kapitasi serta Identifikasi Inovasi.


    Kepala Bapelitbang Kabupaten Sikka, Femmy Bapa menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di 8 (delapan) desa dalam wilayah Kecamatan Palue untuk verval PBI bertujuan meminimalisir salah sasaran pembayaran kepesertaan PBI. Jumlah peserta PBI Kecamatan Palue sebanyak 8.088 dengan rincian 2.601 PBI bersumber APBD II, 139 PBI bersumber APBD I dan 5.348 PBI bersumber APBN ditemukan banyak peserta yang sudah meninggal, tidak dikenal, juga yang sudah pindah keluar wilayah Kabupaten Sikka. Jika terverifikasi dengan baik akan menghemat anggaran yang cukup besar. Sedangkan untuk kegiatan DAK Non-fisik ingin dilihat serapan anggaran serta kendala yang dihadapi dan upaya penyelesaian yang harus dilakukan.

 

    Camat Palue, Rudolfus Riba, S.T menyambut positif kegiatan dimaksud. Menurutnya, ditengah kondisi fiskal yang memprihatinkan, Bapelitbang Kabupaten Sikka telah melakukan langkah yang tepat guna meminimalisir salah sasaran alokasi anggaran. Para Kepala Desa se Kecamatan Palue juga menyambut antusias kegiatan tersebut dengan menghadirkan Perangkat Desa, seluruh Ketua RT dan RW. Pada kegiatan tersebut Bapelitbang Sikka juga mengikutsertakan  10 orang mahasiswa Universitas Nusa Nipa Indonesia peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM).


Dalam waktu sama, Bapelitbang Sikka juga melakukan Identifikasi Inovasi di 2 Puskesmas di Kecamatan Palue yakni Puskesmas Uwa dan Puskesmas Tuanggeo dan akan terus melakukan pendampingan terhadap kedua Puskesmas terkait Inovasi yang dalam sedang dalam tahap inisiasi maupun penerapan agar selanjutnya bisa di daftarkan pada IGA 2023 nanti. Pada IGA 2022, Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Bapelitbang Kabupaten Sikka telah mendaftarkan 17 Inovasi dari Perangkat Daerah dan Puskesmas dalam upaya agar Kabupaten Sikka bisa keluar dari Kabupaten Kurang Inovasi.

  • 19 September 2022
  • bidanglitbang
  • Bapelitbang