• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

Peran Penting Pokja dan Forum PKP Kabupaten Sikka sebagai Wadah Kolaborasi, Koordinasi dan Komunikasi untuk Membangun Sinergi

Pada hari Rabu, (9/10/2022) bertempat di Aula Kantor Bapelitbang Kabupaten Sikka, telah dilakukan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja (Pokja) Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) dan Forum PKP tahun 2022. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ibu Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Kabupaten Sikka, Ibu Konstansia Tupa Arankoja, S.Sos dan didampingi oleh Kepala Bapelitbang Kabupaten Sikka, Ibu Margaretha M.Da Maga Bapa, ST, M.Eng selaku Ketua Pokja PKP dan Sekertaris Bapelitbang Kabupaten Sikka, Drs.Ambrosius Peter, MA selaku Wakil Ketua Pokja PKP. Rapat ini juga dihadiri oleh seluruh anggota Pokja PKP yang terdiri dari unsur pemerintah daerah yakni para pimpinan perangkat daerah yang berkaitan dengan urusan perumahan dan kawasan permukiman dan anggota Forum PKP yang terdiri dari para pimpinan BUMN/BUMD, Instansi Vertikal, Praktisi, Akademisi.

Dalam sambutannya Ibu Konstansia Tupa Arankoja menyampaikan bahwa betapa pentingnya dibentuk Kelompok Kerja PKP dan Forum PKP. Pokja dan Forum ini dibentuk karena mempunyai tujuan, Pokja PKP menjadi wadah berkumpulnya para pemangku kepentingan untuk saling bekerjasama dan berkoordinasi untuk mewujudkan rencana secara komprehensif. Kita diharapkan tidak lagi bekerja sendiri-sendiri tetapi kita secara bersama-sama merencanakan, melaksanakan dan nantinya dapat melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan. Butuh komitmen bersama untuk melaksanakan target-target dalam penyelenggaraan perumahan dan permukiman.  Akhir kata seraya memanjatkan Puji Syukur Kehadirat Yang Maha Kuasa, beliau membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pokja PKP dan Forum PKP Tahun 2022.

 

Rapat dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi oleh narasumber yang terdiri dari lintas perangkat daerah dengan materi Peran dan Fungsi Pokja dan Forum PKP oleh Ketua Pokja PKP, Pembangunan Air Minum oleh Kabid. Cipta Karya PUPR Kabupaten Sikka, Pembangunan  Sanitasi oleh Kabid. Kesehatan Masyarakat  Dinkes Kabupaten Sikka, Pembangunan  Perumahan dan Permukiman oleh Sekertaris DPKPP Kabupaten Sikka dan Pengelolaan Persampahan oleh Kabid. Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Sikka.

 

Mengutip apa yang disampaikan Kepala Bapelitbang Kabupaten Sikka selaku Ketua Pokja PKP, “bahwa masing-masing kita yang hadir disini telah berperan namun kita masih berjalan sendiri-sendiri, kita perlu membangun langkah-langkah yang lebih strategis lagi dengan target yang sangat besar yang ingin kita capai kedepan ini”. Ada DAK Integrasi tahun 2024 yang menjadi prioritas kita. Butuh pembagian peran, butuh pemahaman yang sama,butuh kolaborasi, komitmen  bersama seluruh pemangku kepentingan baik itu pemerintah yang tergabung dalam Pokja PKP, Stakeholder (BUMN/BUMD), Dunia usaha, Akademisi/Praktisi yang tergabung dalam Forum PKP serta masyarakat karena kunci keberhasilan pembangunan terletak pada peran setiap elemen pembangunan  dalam aspek kolaborasi, koordinasi dan komunikasi.

 

Pada kesempatan ini pula, masing – masing Ketua Bidang Pokja PKP menyampaikan Rencana Kerja Pokja PKP Tahun 2023, dipimpin langsung oleh Bapak Ambrosius Peter. Bidang Pokja PKP terdiri dari Ketua Bidang Kebijakan dan Strategi oleh Kabid. Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bapelitbang Kabupaten Sikka, Ketua Bidang Kelembagaan, Kemitraan dan Informasi oleh Kabid. Penelitian dan Pengembangan Bapelitbang Kabupaten Sikka dan Ketua Bidang Pemantauan dan Evaluasi oleh Kabid. Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bapelitbang Kabupaten Sikka.

 

Rapat diakhiri dengan diskusi, berbagai usul saran terkait Penerapan Strategi PKP berbasis masyarakat, penyiapan master plan skala prioritas dan kolaborasi program dan dana CSR sebagai langkah awal persiapan kerja Pokja dan Forum PKP menuju Tahun 2024. (RS)

  • 10 November 2022
  • bidangiw
  • Bapelitbang