• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

Riset dan Inovasi Sebagai Dasar Pengambilan Kebijakan. Catatan Kecil Untuk Terus Berinovasi

Awal Januari 2023, Pemerintah Kabupaten Sikka menyepakati untuk bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasionl (BRIN) setelah melalui proses penjajakan dan diskusi yang cukup panjang dan intens. Kerjasama yang tertuang dalam Nota Kesepakatan Sinergis ditandatangani Bupati Sikka dan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah, Badan Riset dan Inovasi Nasional yang fokus pada pelaksanaan fungsi-fungsi kelitbangan meliputi bidang Penelitian, Pengembangan, Pengkajian dan Penerapan serta Invensi dan Inovasi yang terintegrasi. Langkah ini merupakan terobosan strategis sejalan paradigma pengambilan kebijakan berbasis penelitian dan inovasi.

Pertanyaanya, seberapa pentingkah riset/penelitian dalam pengambilan kebijakan? Secara umum riset bertujuan menghindari berbagai dampak yang tidak diinginkan dari suatu kebijakan. Hasil riset dapat dipergunakan untuk memecahkan masalah kemasyarakatan serta meningkatkan kualitas kebijakan pemerintah. Tantangan besar pengambilan kebijakan adalah menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat guna, terukur dan memiliki daya ungkit. Untuk itu dibutuhkan kebijakan yang berkualitas sehingga memperkuat daya saing dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara optimal. Untuk menghasilkan kebijakan yang berkualitas dibutuhkan riset.

Selain Penelitian, hal yang tidak kalah penting yang termuat dalam Nota Kesepakatan tersebut adalah Inovasi. Tujuan inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah adalah meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan Pelayanan Publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah.

Kabupaten Sikka masuk kategori Kabupaten Kurang Inovatif dalam penilaian Innovative Goverment Award (IGA) tahun 2021 oleh Kementrian Dalam Negeri. Namun di penyelenggaraan IGA Tahun 2022 Kabupaten Sikka mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Inovatif dengan mengikutsertakan 17 inovasi dari berbagai bidang dengan target di Tahun 2023 masuk Kabupaten Sangat Inovatif.

Selain itu, Inovasi Posyandu Remaja dari Desa Paubekor Kecamatan Koting masuk 10 besar Konteks Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Propinsi NTT dari 52 inovasi dari Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh NTT dan akan diikutkan pada KIPP tingkat Nasional. Pencapain-pencapain ini tentunya tidak mudah. Dibutuhkan keseriusan dan kerja keras dengan target yang terukur. Sejalan dengan ini, Peran Bapelitbang sangat penting dan menjadi dapur untuk menghasilkan kajian-kajian dan penelitian serta menciptakan dan mendorong penciptaan inovasi di seluruh Perangkat Daerah.

Adanya Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sikka dengan  Badan Riset dan Inovas Nasional (BRIN), diharapkan fungsi-fungsi kelitbangan dapat terlaksana secara optimal sebagai dasar pengambilan kebijakan yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

 

Salam Inovasi……

Frans. Suryanto Nara Bata, ST., M.Sc

Kabid Litbang Bapelitbang Kabupaten Sikka

  • 19 Januari 2023
  • bidanglitbang
  • Bapelitbang