• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

Sikka dan Ende Bahas Kerjasama Percepatan Pelayanan Publik, Pelaksanaan pembangunan dan Pemberdayaan Masyakat

Rabu 13 Maret 2024, bertempat di ruang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Ende, dilakukan pembahasan kesepakatan bersama kerjasama antar daerah antara Pemerintah Kabupaten Sikka dan Pemerintah Kabupaten Ende oleh tim kerjasama antar daerah kedua kabupaten.  Tim Kerjasama Antar Daerah Kabupaten Sikka dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan dengan didampingi Kabid Litbang Bapelitbang Kabupaten Sikka dan fungsional pada Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sikka sedangkan dari Kabupaten Ende dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan dengan didampingi Kepala Bagian Pemerintahan dan Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Ende beserta para fungsional.

        Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Ende, Martinus Satban pada saat membuka kegiatan dimaksud menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Ende menyambut baik inisiasi kerjasama oleh Pemerintah Kabupaten Sikka. Kerjasama tersebut merupakan langkah strategis guna percepatan pembangunan. Masyarakat di  kedua kabupaten  selama ini telah saling berinteraksi baik dari aspek pendidikan, kesehatan, perekonomian dan banyak aspek lainnya. Masyarakat di kedua wilayah memiliki ikatan kekerabatan yang kuat  dan kemiripan budaya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sikka, Fitrinita Kristiani, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kabupaten Sikka menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan Pemerintah Kabupaten Ende. Lanjutnya, inisiasi kerjasama ini berangkat dari pemikiran bahwa Kabupaten Sikka dan Kabupaten Ende memiliki potensi yang luarbiasa terutama di sektor pertanian, pariwisata dan perikanan namun belum optimal untuk percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan kerjasama tersebut dapa mempercepat pelayanan publik, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di kedua Kabupaten. Selain itu juga digambarkan di sektor kesehatan bahwa Rumah Sakit T.C Hillers Maumere dengan 29 Dokter Ahli telah memberikan pelayanan kesehatan rujukan bagi masyarakat Kabupaten Ende. Kerjasama ini menurut Fitrinita ke depan akan mencakup skala kawasan pulau Flores dengan penyusunan master plan percepatan pembangunan kawasan.

Pada pembahasan tersebut telah tercapai kesepakatan bersama terkait ruang lingkup kerjasama meliputi percepatan pelayanan publik, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyakat dan diharapkan segera dapat ditandatangani. Selain itu juga disepakati tiga prioritas  yang akan segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama  setelah penandatanganan Kesepakatan Bersama yakni pelayanan kesehatan, pelayanan air bersih di wilayah perbatasan dan pariwisata.

Selain membahas Kesepakatan Bersama, tim kerjasama Pemerintah Kabupaten Sikka juga mengadakan pertemuan dengan Direktur PDAM Tirta Kelimutu Ende bersama jajarannya dan di hadiri Dewan Pengawas, Kepala Bagian Pemerintahan pada Setda Kabupaten Ende dan Bagian Ekonomi pada Setda Kabupaten Ende. Pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan menjajagi kerjasama pemanfaatan potensi air baku yang dikelola PDAM Tirta Kelimutu Ende di Kecamatan Lio Timur. Diharapakan potensi air baku tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh kurang lebih 100 kepala keluarga warga Desa Wolowiro Kecamatan Paga yang mengalami kesulitan air bersih. Direktur PDAM, Tirta Kelimutu Ende Yustinus Sani menyambut baik dan secara teknis siap membangun kerjasama karena menurutnya debit air yang ada saat ini masih mampu dimafaatkan oleh masyarakat Desa Wolowiro bahkan lebih. Setelah penandatanganan Kesepakatan Bersama akan ditindaklanjuti dengan pembahasan profil masyarakat penerima manfaat, teknis dan administrasi.

 

Frans. Suryanto Nara Bata

Bapelitbang Kabupaten Sikka

  • 14 Maret 2024
  • bidanglitbang
  • Bapelitbang