• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

Antara Harapan dan Tantangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas

Kupang, 8-11 November 2022, berlangsung Workshop Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas, bertempat di Hotel On The Rock, yang diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan se Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Timur. Pada pembukaan kegiatan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, Ruth D. Laiskodat, S.Si, Apt., MM, menyampaikan berbagai manfaat yang diperoleh apabila Puskesmas sudah menjadi BLUD antara lain fleksibilitas keuangan di Puskesmas yang tentunya dikelola dengan kontrol dan diikuti dengan pengawasan yang baik. Fleksibilitas yang dimaksud adalah keleluasaan dalam pengelolaan keuangan dengan menerapkan praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tanpa mencari keuntungan dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

          BLUD merupakan sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis atau badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan pada umumnya. Penerapan BLUD mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (PMDN) Nomor 79 Tahun 2018 tentang BLUD, dengan memenuhi persyaratan antara lain lembaganya harus ada terlebih dahulu, ada pendapatan/potensi pendapatan dari masyarakat dan menyusun dokumen persyaratan yaitu persyaratan Subtantif, Teknis dan Administratif. Tujuan BLUD yaitu memberikan layanan umum secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat sejalan dengan praktik bisnis yang sehat untuk membantu pencapaian tujuan pemerintah daerah yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh Kepala Daerah.

          Proses Puskesmas menjadi BLUD di Kabupaten Sikka saat ini sedang dalam persiapan, yaitu Puskesmas Paga, Puskesmas Nita, Puskesmas Kopeta dan Puskesmas Waigete serta Labkesda. Penetapan 4 Puskesmas ini memperhatikan sasaran masyarakat dan kemampuan serta potensi yang dimiliki Puskesmas. Kegiatan lanjutan dalam rangka persiapan BLUD Puskesmas diikuti dengan rapat koordinasi yang diselenggarakan hari Senin,14 November 2022, diruang rapat Assisten Ekonomi dan Pembangunan, dipimpin oleh Ibu Konstantia Tupa Arankoja, S.Sos, beliau menyampaikan cascading dan data dasar terkait 12 SPM Urusan Kesehatan harus diperkuat. Tindak lanjut rapat akan segera di bentuk Tim untuk melakukan persiapan dan pendampingan dalam pemenuhan dokumen persyaratan administratif antara lain Pernyataan Kesanggupan Meningkatkan Kinerja, Pola Tata Kelola, Rencana Strategis (Renstra), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Laporan Keuangan Pokok atau Prognosa/Proyeksi Laporan Keuangan dan Laporan Audit Terakhir atau Pernyataan Bersedia untuk di audit secara independen, selain itu akan dilaksanakan Bimbingan Teknis bagi 25 Puskesmas di Kabupaten Sikka terkait persiapan BLUD Puskesmas.

 

Puskesmas jadi BLUD

Pelayanan ditingkatkan

Peningkatan kesejahteraan hidup

 

Salam

  • 14 November 2022
  • bidangppm
  • Umum