• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

Lokalatih Pengelola Program Pamsimas TA 2022 Tingkat Kabupaten Regional II

Sesuai dengan amanat yang tercantum pada RPJMN 2020 - 2024, Pemerintah Indonesia menargetkan dapat menyediakan layanan air minum yang aman dan sanitasi yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia. Disamping itu, Pemerintah saat ini juga dihadapkan pada target pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030 khususnya Goal nomor 6 yaitu Penyediaan air minum dan sanitasi yang aman dan terjangkau untuk semua pada tahun 2030.

Pelaksanaan Program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) Tahun 2008-2021 telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pemberdayaan masyarakat. Pendekatan pemberdayaan masyarakat telah mampu meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah dan Pemerintah dalam menyediakan dan meningkatkan kualitas pelayanan air minum dan sanitasi.

Pelaksanaan PAMSIMAS Tahun 2022, merupakan kelanjutan dari PAMSIMAS tahun sebelumnya dan merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda nasional yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, yaitu (1) 100%-100% akses air minum dan sanitasi, dan (2) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah perdesaan/kelurahan yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target akses air minum dan sanitasi pada tahun 2024 di sektor air minum dan sanitasi, melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat. Pamsimas 2022 dilaksanakan untuk menunjang capaian target 100% air minum dan sanitasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kabupaten Sikka merupakan salah satu kabupaten lokasi PAMSIMAS Tahun 2022 di Provinsi NTT selain Kabupaten Manggarai Timur, Malaka, Timor Tengah Selatan, dan Sumba Barat Daya. Ada 5 (lima) desa di Kabupaten Sikka yang menjadi lokasi PAMSIMAS di tahun 2022 yaitu Desa Pemana, Desa Nangatobong, Desa Paga, Desa Kolisia dan Desa Reroroja.

Dalam rangka meningkatkan komitmen pengelola PAMSIMAS Tingkat Kabupaten dalam mendukung strategi pencapaian akses air minum dan sanitasi maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan Lokalatih Pengelola Program Pamsimas TA 2022 Tingkat Kabupaten Regional II di Makasar pada tanggal 27-29 Juli 2022 dan dari Kabupaten Sikka Kepala Bapelitbang Kabupaten Sikka Margaretha M. Da Maga Bapa, ST, M.Eng mengutus Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Th. Maria Da Renya Sabeweo, ST, MT untuk menghadiri acara Lokakatih ini.

Diharapkan dalam penyelenggaraan program dapat berjalan dengan efektif, baik di tingkat pemerintah daerah, pemerintah desa dan masyarakat, sehingga tujuan PAMSIMAS dapat dicapai dengan baik. Semoga! (TMDRS)

  • 01 Agustus 2022
  • bidangiw
  • Umum