• (0382) 2400415
  • bappeda.sikka@yahoo.co.id

Sikka Siap Menyongsong Program Kawasan Permukiman

Dalam rangka pembinaan penyelenggaraan kawasan permukiman (PKP), Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT mengadakan Workshop Awal di Hotel Neo Kupang yang dibuka pada hari Selasa (28/06/2022) pukul 14.00 WITA.

Workshop yang diselenggarakan selama tiga hari ini dimulai dari tanggal 28 sd 30 Juni 2022 diikuti oleh 15 dari 22 Kabupaten/Kota yang diundang secara tatap muka dan via Zoom Meeting bagi yang tidak sempat hadir meliputi unsur Bapelitbang di wilayah NTT, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan di NTT dan semua Petugas Aplikasi Sistem Informasi Strategi Penyelenggaraan Kawasan Permukiman (SI-SPKP) di NTT. 

Dalam Workshop ditampilkan evaluasi progres kesiapan dokumen readness criteria (RC) tentang PKP, ternyata banyak Kabupaten di wilayah NTT yang masih belum menyelesaikan dokumen RC. Berdasarkan RC yang terekam dalam Aplikasi SI-SPKP, Kabupaten Sikka disebut sebagai Pilot Project karena telah menyelesaikan semua pemenuhan dokumen RC PKP.

Terlihat dalam baseline data pemaparan materi pembukaan oleh Kepala Seksi Pelaksana Wilayah I BPPW NTT, bahwa Kabupaten Sikka sudah menyelesaikan tahapan RC Dokumen Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh (RP2KPKPK), Perda Kumuh, SK Kumuh, SK POKJA (Kelompok Kerja) PKP dan Forum POKJA PKP. 

"Dengan pemenuhan dokumen RC tersebut, maka tidak menutup kemungkinan bisa mengakses peluang anggaran-anggaran dari APBN Pusat ataupun anggaran dari Provinsi", ungkap Bapak Reza Fahruz Rozi, ST, MT dalam pemaparan materi pembukaan. (Adhie)

  • 29 Juni 2022
  • bidangiw
  • Umum